40 Siswa Ikuti USBN SD Susulan

40 Siswa Ikuti USBN SD Susulan

40 Siswa Ikuti USBN SD Susulan

40 siswa Kelas VI sekolah dasar negeri dan swasta di Kota Bogor, mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional

(USBN) susulan, (10/5). 28 di antaranya siswa dari SD Advent. Hal ini dikarenakan, Sabtu lalu sekolah libur, dan para siswa akhirnya tidak dapat mengikuti ujian mata pelajaran IPA. Sedangkn ke14 siswa lainnya, izin sakit dan berhalangan tidak bisa hadir.

“Kalau sekolah Advent, setiap Sabtu libur. Jadi ujian dilanjutkan Rabu, setelah mendapat izin

,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum SD Dinas Pendidikan Kota Bogor Wasi Jatmiko Nugroho kepada Metropolitan, kemarin.

Ia menjelaskan, ke 14 siswa ini hanya mengikuti ujian susulan Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Jatmiko sapaan akrabnya menerangkan, ada siswa Kelas VI tidak megikuti USBN dengan berbagai alasan. Bahkan, ada siswa di salah satu SD Negeri di Kecamatan BogorTengah, yang sama sekali tidak diizinkan oleh orangtuanya. Padahal, pihak sekolah bersama guru dan ketua RT setempat telah melakukan berbagai upaya membujuknya. Tapi orangtuanya tetap tidak mengizinkan anaknya.

“Bahkan, kepala sekolah yang bersangkutan telah berupaya mengajaknya. Tapi tidak diizinkan

. Jadi bukan salah pihak sekolah,” bebernya.

Hal itu pun diakui Kepala SDN Cimanggu Kecil, Kecamatan Bogor Tengah, Niniek Setiati Pusporini. Menurutnya, menjelang USBN, dirinya bersama guru telah mendatangi rumah orangtua siswa tersebut. Karena, saat ujian sekolah dilaksanakan, siswa dimaksud tidak hadir. Sehingga, beberapa guru menyusul ke rumahnya.

“Kami sudah berupaya, tapi permohonan kami selalu ditolak. Yah, akhirnya masalah tersebut kami laporkan ke Disdik,” singkat Niniek.

 

Sumber :

https://voi.co.id/