Abdimas Teknik Lingkungan Ubhara

Abdimas Teknik Lingkungan Ubhara

Abdimas Teknik Lingkungan Ubhara

 Sebagai salah satu bagian dari Tridharma perguruan tinggi, program studi Teknik Lingkungan Universitas Bhayangkara Jakarta (Ubhara Jaya) melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat  (PKM), belum lama ini.

 Program tahap ke dua ini  berupaya mendorong  pemberdayaan ekonomi masyarakat

melalui kegiatan Bank sampah di perumahan Taman Narogong Indah  RW 17 Kecamatan Rawalumbu Bekasi Timur. Perguruan Tinggi yang berada di Kecamatan Bekasi Utara ini tidak hanya fokus dalam bidang pendidikan saja, tetapi juga kegiatan sosial.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan PKM tahap 1 sebelumnya

yang dilaksanakan tahun lalu. Program ini meliputi monitoring rutin dan evaluasi, pendampingan sampai terbentuknya SK kegiatan Bank Sampah. Diharapkan dengan terbitnya SK tersebut akan memudahkan mendapat dukungan dari pemerintah setempat dan mitra lain.

Melalui program ini juga diadakan sosialisasi dengan mengundang narasumber dari Bank Patriot Induk Bekasi (BPIB) dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dengan tujuan memberi dukungan dan membuka wawasan agar lebih profesional dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

Progress dari kegiatan ini adalah  diresmikannya kegiatan Bank Sampah di tempat tersebut ditandai dengan dikeluarkan SK yang diterbitkan kelurahan Rawalumbu, dan jumlah nasabah yang bertambah.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat

bahwa lingkungan harus dipelihara dan menjadi tanggung jawab bersama dan diharapkan masyarakat lebih disiplin untuk mengelola sampah mulai dari rumah masing-masing,  dapat mengurangi timbulan sampah dan permasalahan yang terjadi akibat sampah, serta memberdayakan ekonomi masyarakat. Adapun manfaat yang dapat dinikmati warga nantinya yakni terpeliharanya  lingkungan bersih yang berkelanjutan.

 

Baca Juga :