Jaring Penggalang Se-Jabar Banten

Jaring Penggalang Se-Jabar Banten

Jaring Penggalang Se-Jabar Banten

SMPN 2 Baleendah mengadakan Lomba Aksi Penggalang (Laga) XI se-Jawa Barat

dan Banten, yang diikuti oleh 79 regu. Kegiatan tersebut diadakan di Lapangan SMPN 2 Baleendah, Jalan Siliwangi Baleendah kemarin (22/2).

Ketua panitia Laga Dede Rohanda mengatakan, pihaknya mengadakan lomba aksi penggalang ini untuk meningkatkan kemandirian dan kedisiplinan siswa. ’’Ada dua tingkatan yang mengikuti Laga XI ini. Yaitu tingkat SD dan SMP dari berbagai daerah Jawa Barat dan sebagian dari Banten. Yang dari Banten ada dua regu SMPN 1 Serang dan SMPN 9 Serang,’’ kata Dede kepada Soreang Ekspres (Grup Bandung Ekspres) saat ditemui di lokasi kegiatan.

Dia mengaku bangga dengan banyaknya peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

’’Jumlah peserta yang ikut laga XI ini untuk regu tingkat SD sebanyak 23 regu dan untuk tingkat SMP sebanyak 56 regu. Jadi jumlah seluruhnya adalah 79 regu yang ikut dalam kegiatan ini,’’ ujarnya.

Dede juga menjelaskan, materi-materi yang diperlombakan yakni pengetahuan agama, pengetahuan umum, olimpiade regu, dari seluruh materi yang ada. Kemudian pengetahuan kepramukaan, morse, semapur, sandi, ketangkasan, kim, dan hasakarya. ’’Ada 13 materi perlombaan yang diberika kepada peserta lomba pada saat ini,’’ jelasnya

Kejuaraan ini dipisahkan antar peserta. Dia mengatakan, untuk SD dan SMP ada pemisahan

antara putra dan putri. Sehingga untuk trofi yang diberikan kepada para peserta ada trofi bergilir dan ada juga tropi tetap. ’’Untuk trofi bergilir sejumlah 23 trofi, itu digilir baik untuk SMP dan SD. Dan untuk trofi tetap di lima kejuaraan, dan lima kejuaraan ini masing-masing juara satu, dua dan tiga, itu tetap diberikan kepada mereka. Kemudian yang ketiga hadiah uang pembinaan diberikan kepada juara satu sebesar Rp 3,5 juta,’’ terangnya.

Untuk pelaksanaan laga ini dilaksanakan 2 tahun sekali bagi SD dan SMP. ’’Setiap dua tahun dilaksanakan di sini. Selain lomba kepramukaanm atau gerakan Pramuka, dalam acara ini juga diadakan bakti sosial berupa khitanan masal,’’ pungkasnya.

 

Baca Juga :