Kacamata vs Softlens, Mana yang Lebih Baik

Kacamata vs Softlens, Mana yang Lebih Baik

Kacamata vs Softlens, Mana yang Lebih Baik

Pada dasarnya softlens dan kacamata memiliki fungsi yang sama

yaitu sebagai alat bantu penglihatan bagi orang yang memiliki gangguan penglihatan seperti minus, plus dan silinder. Yang membedakan antara keduanya adalah cara penggunaan dan perawatannya. Softlens atau yang juga dikenal dengan sebutan lensa kontak ini digunakan dengan cara memasangkannya langsung pada bola mata, tepatnya pada bagian permukaan kornea mata. Sementara penggunaan kacamata dengan cara menggantungkannya pada kedua telinga dan tulang hidung.

Saat ini, tidak sedikit penderita gangguan mata yang dulunya menggunakan kacamata beralih ke softlens. Namun ada pula yang memutuskan untuk tetap menggunakan kacamata dengan alasan-alasan tertentu. Nah sebelum memutuskan untuk memilih dari kedua alat bantu penglihatan ini, ada baiknya Toppers mengetahui kelebihan dan kekurangannya masing-masing terlebih dahulu.

 

KACAMATA Kelebihan:

1. Membuat wajah lebih berkarakter

Sumber Gambar: Unsplash
Frame kacamata yang kini tersedia dengan berbagai bentuk, mulai dari bulat, oval, kotak hingga cat eye, akan membantu untuk menciptakan kesan tegas dan berkarakter pada wajah orang yang menggunakannya. Namun dalam pemilihan bentuk frame kacamata, kamu harus menyesuaikannya dengan bentuk wajah kamu agar tampak sesuai saat kamu gunakan.

2. Lebih mudah dipakai dan dilepaskan

Salah satu kelebihan dari kacamata yang tidak dimiliki oleh softlens adalah kemudahan dalam memakai dan melepaskannya. Saat kamu mulai merasa lelah atau tidak nyaman dengan kacamata yang digunakan, kamu bisa melepaskannya dimana pun kamu berada. Selain itu, proses pembersihannya pun tidak memerlukan cara yang rumit. Jika hanya debu biasa, cukup membersihkan lensanya dengan menggunakan kain bersih.

3. Melindungi mata dari debu

Dengan lensa yang menutupi seluruh bagian mata, kacamata dapat sekaligus berperan sebagai pelindung mata dari debu, polusi dan sinar matahari yang dapat menyebabkan iritasi dan gangguan mata lainnya. Selain itu, penggunaan kacamata di ruangan ber-AC juga dapat menghindari mata dari kekeringan yang disebabkan oleh suhu yang dingin.

4. Tidak menimbulkan iritasi mata

Sumber Gambar: Unsplash
Karena tidak menempel langsung pada bola mata seperti softlens, penggunaan kacamata juga dapat meminimalisir resiko terjadinya infeksi dan iritasi pada mata. Selain itu, kacamata

Kekurangan:

1. Kurang nyaman

Sumber Gambar: Unsplash
Penggunaan kacamata akan menimbulkan efek kurang nyaman bagi penggunanya. Hal ini karena kacamata yang mengganjal pada kedua telinga dan hidung akan membuat Toppers yang menggunakannya seperti merasa ada benda asing yang menempel pada wajah Toppers.

2. Mudah pecah

Kacamata yang berbahan kaca rentan pecah ketika jatuh. Hal tersebut kemudian menyebabkan Toppers harus ekstra hati-hati saat menggunakannya. Nah untuk menghindari terjadinya hal tersebut, kacamata yang terbuat dari bahan mika yang tidak mudah pecah saat terjatuh.

3. Sering berembun dan terkena keringat

Pada saat berada di lingkungan yang panas, kacamata rentan terkena keringat dan berembun. Hal tersebut dapat menyebabkan terbatasnya pandangan Toppers yang menggunakannya.

SOFTLENS

Kelebihan:

1. Lebih nyaman

Karena digunakan pada bagian dalam mata, tepatnya pada permukaan kornea, maka Toppers tidak akan merasa risih dengan tidak adanya benda asing yang mengganjal pada bagian wajah seperti penggunaan kacamata.

Sumber : https://how.co.id